Saturday, January 29, 2011

MULTIPLE INTLEGENCY

Temuan revolusioner Howard Gardner tentang multiple intelegency telah merubah paradigma kecerdasan manusia. Gardner dengan gamblang membuka mata dunia, bahwa kesuksesan manusia tidak hanya didukung oleh kecerdasan intelektual saja. Konsep multiple intelegency kini digalakkan di berbagai belahan dunia. Ada berbagai kecerdasan yang dapat mengantarkan kesuksesan seseorang di dalam hidupnya:
1. Kecerdasan Linguistik Adalah kemampuan membaca, menulis, dan berkomunikasi. Contoh: pengarang, sastrawan, editor,penyair, penyiar, orator, dan wartawan.
2. Kecerdasan Logika Matematika Adalah kemampuan dalam logika dan rasionalitas. Contoh: ahli teknik, ahli fisika, pemrogram, akuntan, pialang saham, dan ahli statistik.
3. Kecerdasan Kinestesis Adalah kemampuan mengendalikan dan mengolah gerak tubuh. Contoh: olahragawan, penari, pengrajin, pemahat, maupun dokter bedah.
4. Kecerdasan Spasial Adalah kemampuan melihat, merancang, menganalisis, dan menentukan objek dari berbagai sudut pandang. Contoh: arsitek, pelukis, desainer, ahli fotografi, dan pilot.
5. Kecerdasan Musikal Adalah kemampuan mengolah nada, irama, dan vokal. Contoh: musisi, penyanyi, komposer, dan pencipta lagu.
6. Kecerdasan Intrapersonal Adalah kemampuan memahami, mengenal, dan mengendalikan diri agar dapat berprestasi di bidang yang ditekuni. Contoh: orang yang berprestasi di bidangnya.
7. Kecerdasan Interpersonal Adalah kemampuan mengenal, memahami, membina, dan bekerjasama dengan orang lain. Contoh: pemimpin, pebisnis, psikolog, ahli pemasaran, dan negosiator.
8. Kecerdasan Natural Adalah kemampuan mengenal, memahami, dan berinteraksi dengan alam. Contoh: ahli geologi, kehutanan, biologi, pertanian, dan dokter hewan.
9. Kecerdasan Spiritual Adalah kemampuan mengenal dan memahami jatidiri manusia sebagai makhluk Tuhan.

Matematika bagi sebagian anak merupakan sesuatu yang sangat sulit, bahkan menakutkan!
Di sisi lain, dunia anak adalah dunia bermain. Critical point yang dianjurkan para pakar pendidikan untuk melejitkan kecerdasan logis-matematis adalah menjadikan anak mencintai matematika. Mencintai matematika bagi anak-anak dapat dilakukan dengan pendekatan permainan

sumber: http://cahayabintang-edu.com

0 comments: