Saturday, January 8, 2011

Aktivitas Matematika untuk Anak-anak, Matematika itu Menyenangkan !

Kegiatan matematika untuk anak tidak akan mengajarkan mereka kalkulus. Saya tidak berbicara tentang kalkulus dan semua mimpi buruk yang biasa dibayangkan orang mengenai matematika. Matematika ada dimana-mana ! Dan matematika itu MENYENANGKAN !

Saya percaya bahwa matematika merupakan salah satu hal dasar yang perlu dipelajari anak-anak, disamping membaca. Matematika juga merupakan hal yang dapat anda ajarkan pada anak anda sedini mungkin.

Mengajarkan matematika pada anak kecil itu bisa dikerjakan. Pengenalan bentuk, warna, berhitung, menumpuk barang. Semua itu adalah matematika dan semua dapat diajarkan pada anak kecil, bahkan bayi.
Bayi dan anak kecil senang belajar. Jadi kenapa tidak kita kenalkan mereka pada matematika ? Anda harus berhati-hati untuk tidak memaksakannya pada anak supaya mereka tidak membenci matematika.
Yang perlu dilakukan orangtua adalah mengerjakan kegiatan matematika untuk anak-anak, bukan mengajarkan matematika seperti di sekolah (maksud saya dengan menghafal dan ulangan, hal ini justru akan membuat mereka benci matematika).

Berikut beberapa kegiatan matematika sederhana untuk anak :

BACALAH BUKU MENGENAI MATEMATIKA

Ini bisa buku tentang ahli matematika, atau buku bergambar yang mengenalkan konsep matematika. Saya menyarankan membaca buku bergambar, terutama untuk anak kecil, karena mereka suka buku bergambar dan tidak akan menyadari bahwa mereka sedang belajar matematika.

Berikut beberapa 'buku matematika' yang saya suka :

Mathematician are people too

Buku seri Math Start oleh Stuart Murphy
Saya sangat suka seri ini karena sangat sederhana namun menyenangkan. Anak saya mengerti konsep matematika dari buku ini.

Buku matematika oleh Mitsumasa Anno
Buku ini kemungkinan lebih cocok untuk anak yang agak lebih tua walaupun anak yang kecil mungkin juga menyukainya. Konsep matematika yang diberikan agak lebih susah untuk anak kecil, tetapi gambar dan ceritanya yang sederhana menjadikannya buku bergambar yang bagus.

Buku matematika oleh Greg Tang
Buku-buku ini bagus walaupun lebih cocok untuk anak yang agak lebih tua. Gambar-gambarnya sangat menarik.

BERMAINLAH

Banyak permainan yang melibatkan matematika jadi bermainlah dengan anak anda. Berikut beberapa permainan yang dapat membantu anda mengajarkan matematika pada anak anda :

Family Math
Ini sebetulnya bukanlah permainan tapi sebuah buku yang mengandung kegiatan matematika untuk anak dan seluruh keluarga.

Domino
Anak akan mengenal pola (dan angka juga).

Ular tangga
Permainan apa saja yang menggunakan dadu dapat mengajarkan anak tentang angka.

GUNAKANLAH MATEMATIKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Di dapur
Biarkan anak membantu mengatur meja. Tanyakan padanya berapa orang yang akan datang dan berapa jumlah piring, gelas, sendok dan garpu yang dibutuhkan.

Mencuci baju
Pisahkan baju yang berwarna dari yang putih. Biarkan anak memisahkan bajunya sendiri, putih dan berwarna, kaos dan celana. Atau suruh mereka mencari pasangan kaos kaki setelah selesai mencuci.

Memasak
Anak-anak sangat suka bila anda membolehkan mereka ikut membantu memasak, terutama memasak kue kesukaan mereka. Biarkan mereka menimbang bahan-bahan, berapa gram gula, berapa sendok garam. Hitung telurnya. Potong kuenya menjadi 6 atau 8, atau sebanyak orang yang akan memakannya. Potong kue keringnya menjadi lingkaran, segitiga, bujur sangkar, dll.

Belanja
Pada saat anda membandingkan harga di toko, jangan lakukan dalam hati, biarkan anak anda mendengarnya. Ini akan mengenalkan mereka konsep murah dan mahal, lebih dan kurang. Ketika sedang antri, tunjukkan mereka cara menghitung orang yang sedang antri dan mengira-ngira berapa lama sebelum tiba giliran anda.

Di bis/mobil
Seberapa jauh lagi kita dari rumah ? Berapa banyak halte bis yang sudah kita lewati, berapa banyak lagi yang harus dilewati ? Berapa banyak mobil merah yang kita lihat ?

0 comments: