Monday, July 18, 2011

Optimalisasi Layanan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Untuk Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat Pedesaan

Abstract: Reading is essential in human life. Reading habits should be started from the children. It must become a culture for the community as a whole. Rural has lots of local potential which if developed would be a great contribution to the local government. Growing and increasing interest in reading for public, especially rural communities will further enhance the quality of life.

Mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia melalui jalur pendidikan merupakan satu langkah dalam mewujudkan masyarakat adil, maju, dan makmur. Pendidikan memberikan kesempatan pada warga untuk mengembangkan potensi diri. Pengembangan potensi diri merupakan salah satu cara untuk mengatasi permasalahan yang ada di Indonesia.

Beberapa permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini adalah masih rendahnya tingkat pendidikan penduduk, tingginya angka pengangguran, serta tingginya tingkat kemiskinan. Ketiga permasalahan ini saling terkait dan telah menjadi bagian dari kehidupan seluruh bangsa Indonesia. Pemerintah menyadari benar bahwa permasalahan tersebut harus dipecahkan, dengan cara memfasilitasi usaha-usaha yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Kebijakan pemerintah untuk mengatasi berbagai permasalahan tersebut, khususnya dalam bidang pendidikan adalah dengan memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada seluruh warga negara dalam mengenyam pendidikan. Hal ini sesuai dengan undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 menyebutkan bahwa setiap warga negara berhak atas kesempatan yang seluas-luasnya untuk mengikuti pendidikan agar memperoleh pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan yang sekurang-kurangnya setara dengan tamatan pendidikan dasar jalur sekolah formal. Dalam pelaksanaannya, pemerintah memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin mengenyam pendidikan baik melalui jalur pendidikan formal dan jalur pendidikan nonformal.

Pendidikan memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap kemajuan suatu bangsa dan merupakan wahana dalam membangun watak bangsa (Nation Character Building). Masyarakat yang cerdas akan memberikan nuansa kehidupan yang cerdas pula dan secara progresif akan membentuk kemandirian. Masyarakat/bangsa yang demikian merupakan investasi yang besar untuk berjuang keluar dari krisis dan menghadapi dunia global (Mulyasa, 2003:5).

Sistem pendidikan yang harus dilaksanakan di Indonesia adalah pendidikan yang dapat mengembangkan potensi masyarakat, mampu menumbuhkan kemauan serta membangkitkan motivasi generasi bangsa untuk menggali potensi, dan mengembangkannya secara optimal bagi kepentingan pembangunan masyarakat secara utuh dan menyeluruh. Tetapi pada kenyataannya kualitas SDM di Indonesia rendah jika dibandingkan dengan negara lain (Mulyasa, 2005:5).

Minat baca sebagian besar masyarakat Jawa Timur berada pada kategori sedang yaitu sebesar 56%. Sementara sejumlah 1,5% berada pada kategori sangat rendah, dan 20,8% berada pada kategori rendah. Pada kategori tinggi, minat baca masyarakat Jatim mencapai 29,8% dan hanya 4,0% yang masuk pada kategori sangat tinggi. Selaras dengan temuan di atas, minat baca masyarakat Kabupaten Trenggalek juga masih sangat rendah. Hal ini dilihat dengan tidak berkembangnya TBM yang ada di Kabupaten Trenggalek.

Sehubungan dengan hal tersebut, untuk meningkatkan Human Development Indeks (HDI) dan kemampuan dalam menghadapi tingkat persaingan yang semakin kompetitif, diperlukan strategi perencanaan pembangunan khususnya bidang pendidikan yang tepat. Dalam upaya mengembangkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas dan profesional, sedikitnya terdapat 3 syarat utama yang harus diperhatikan dalam pembangunan pendidikan yaitu (1) sarana gedung, (2) buku yang berkualitas dan (3) guru dan tenaga pendidikan yang profesional (Mulyasa, 2005:3)

Penyelenggaraan pendidikan di Indonesia dilakukan melalui jalur pendidikan formal, nonformal maupun informal. Salah satu program di pendidikan nonformal yang diharapkan dapat memberikan kontribusi yang besar terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia adalah program “Taman Bacaan Masyarakat (TBM)”. Program ini ditujukan untuk membantu peningkatan minat baca, budaya baca, dan cinta buku bagi warga belajar dan masyarakat. Secara khusus TBM dimaksudkan untuk mendukung gerakan pemberantasan buta aksara. Salah satu sasaran TBM adalah masyarakat yang tidak buta aksara tetapi menjadi buta aksara kembali.

Kabupaten Trenggalek merupakan salah satu kabupaten yang ada di Propinsi Jawa Timur. Kabupaten Trenggalek memiliki topografi daerah relief pegunungan dan berbukit-bukit. Kabupaten Trenggalek memiliki luas daerah darat 126.140 Ha, dengan perincian lahan pemajakan seluas 64.917,70 Ha, lahan perhutani terdiri dari hutan produksi seluas 45.040, 30 Ha, dan hutan lindung seluas 16.182 Ha, serta daerah lautan 17.000 km2. Jumlah penduduk seluruhnya adalah 808.793 jiwa dan tingkat pendapatan penduduk 1.600.000 per tahun. Berdasarkan data BPS 2004, kabupaten Trenggalek terbagi menjadi 14 kecamatan, 152 desa dan 5 kelurahan. Sebagian besar penduduk yang ada di Kabupaten Trenggalek bekerja sebagai petani dan peladang.

Kabupaten Trenggalek belum memiliki banyak TBM. Data tahun 2009 menunjukkan jumlah TBM sebanyak 13 lembaga dimana penyebarannya tidak merata. Belum semua kecamatan memiliki TBM. Selain itu, kebanyakan TBM yang ada dikelola secara konvensional, hanya memberikan pelayanan peminjaman dan pengembalian buku. Hal ini diperparah dengan kondisi beberapa TBM yang koleksi buku bacaannya terbatas, baik jenis maupun jumlahnya. Keterbatasan tersebut menyebabkan TBM tidak dapat berkembang. Kondisi ini tentunya mempengaruhi minat baca masyarakat. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan pengelolaan TBM harus diperbarui agar minat baca masyarakat meningkat.

TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM)

Membaca adalah pintu untuk membuka dunia. Buku adalah ibu pengetahuan. Membaca merupakan pintu kecerdasan menuju kehidupan yang berkualitas dan sejahtera. Salah satu media untuk membudayakan membaca adalah melalui TBM.

TBM memiliki beberapa tujuan yang meliputi (1) membangkitkan dan meningkatkan minat baca masyarakat sehingga tercipta masyarakat yang cerdas, (2) menjadi wadah kegiatan belajar masyarakat, dan (3) mendukung peningkatan kemampuan aksarawan baru dalam rangka pemberantasan buta aksara sehingga tidak menjadi buta aksara kembali.

TBM memiliki fungsi antara lain: (1) sebagai sarana pembelajaran bagi masyarakat, (2) sebagai sarana hiburan/rekreasi dan pemanfaatan waktu secara efektif dengan memanfaatkan bahan-bahan bacaan dari berbagai sumber, dan (3) sebagai sarana informasi dimana terdapat beragam buku dan bahan bacaan lain yang sesuai dengan kebutuhan warga belajar dan masyarakat setempat.

Membaca merupakan salah satu cara untuk belajar dan menambah ilmu pengetahuan. Keterampilan membaca tidak mudah untuk dikuasai oleh seseorang, oleh karenanya membaca harus dimulai sejak dini agar menjadi kebiasaan. Keterampilan membaca memerlukan proses pembiasaan dan dilatihkan sejak anak usia dini. Melalui pembiasaan sejak dini diharapakn kebiasaan yang terbentuk akan menumbuhkan budaya membaca di masyarakat.

Saat ini, pemerintah menggalakkan program pemberantasan buta aksara. Salah satu program dalam pemberantasan buta aksara lanjutan adalah dengan memperkuat dan memperluas kelembagaan TBM dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di setiap lokasi pembelajaran (Ace, 2005:35). Dengan adanya TBM dan PKBM tersebut, masyarakat khususnya warga belajar dapat lebih mengasah kemampuannya dalam membaca, menulis dan berhitung sehingga mereka tidak mengalami buta aksara kembali. Selain itu, keberadaan TBM dan PKBM di masyarakat juga ditujukan untuk memberikan pelayanan yang optimal terhadap kebutuhan masyarakat umum akan informasi dan pengetahuan.

SISTEM PENGELOLAAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM)

TBM mempunyai peran dan fungsi strategis untuk melayani masyarakat yang karakteristiknya beragam. Untuk itu, dalam pengembangannya TBM harus ditujukan untuk melayani masyarakat sesuai dengan karakteristik sosial, ekonomi dan geografisnya (Warta, 2007:26). Pengembangan program TBM memberikan dampak yang signifikan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan masyarakat, kualitas masyarakat, pengembangan potensi daerah, pengembangan industri, dan mampu menjadi katalisator kehidupan sosial masyarakat. Hal ini berarti bahwa revitalisasi peran dan fungsi TBM untuk mendukung proses pembelajaran masyarakat sepanjang hayat perlu untuk tetap diupayakan.

Dalam pengelolaan TBM, diperlukan satu organisasi yang bertanggungjawab atas pelaksanaan program. Struktur organisasi ini dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan yang ada pada TBM tersebut. Ketika bidang kajian TBM semakin luas dan kompleks, maka struktur organisasi dapat dirubah dan disesuaikan dengan kondisi yang ada.

Pengelola TBM harus orang yang mempunyai kompetensi dan dedikasi serta memiliki kemampuan teknis dalam mengelola dan melaksanakan layanan kepustakaan kepada masyarakat. Oleh karena itu, pengelola TBM harus memiliki pengetahuan dalam bidang (1) Pengantar Kepustakaan, Dokumentasi dan Informasi, (2) Manajemen TBM, (3) Pemilihan/pengadaan bahan pustaka, (4) Pengolahan bahan pustaka, dan (5) Pelayanan pembaca (Depdiknas, 2005:5). Syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh tenaga pelayanan TBM antara lain: (1) memiliki pengetahuan dasar tentang pengelolaan TBM, (2) memiliki kemauan, dedikasi dan kemampuan untuk melayani orang dengan ramah, sopan, teliti, tekun dan senang membaca, (3) berpenampilan menyenangkan sehingga orang tidak segan bertanya atau minta pertolongan, dan (4) pandai bergaul sehingga orang merasa dekat dan diperhatikan.

TBM yang baik adalah yang dapat memberikan pelayanan yang memuaskan bagi pengguna. Keberhasilan TBM dalam melayani masyarakat penggunanya antara lain terlihat dari jumlah orang yang memanfaatkan TBM setiap hari dan seberapa jauh TBM menyediakan berbagai jenis koleksi bacaan yang dibutuhkan pengguna. Untuk itu, ruang TBM harus nyaman bagi pembaca. Keadaannya harus bersih, sejuk, rapi dan aman.

Sistem layanan di TBM adalah sistem layanan terbuka, sehingga pengunjung dapat masuk ke ruang baca untuk memilih dan mengambil bahan bacaan sendiri dari rak, atau dapat pula meminta bantuan kepada petugas. Pembaca juga dapat menggunakan tempat baca secara bebas untuk membaca. Jenis pelayanan di TBM ada dua macam, yaitu (1) layanan membaca dan (2) layanan sirkulasi. Layanan membaca yaitu memanfaatkan bahan bacaan seperti buku, majalah surat kabar dan lain-lain untuk membaca di ruang baca. Sedangkan layanan sirkulasi/peminjaman adalah peminjaman buku untuk di bawa ke rumah atau di luar ruangan TBM.

MINAT MEMBACA MASYARAKAT

Minat adalah kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu objek tertentu. Minat memegang peranan penting. Dengan adanya minat dapat memacu semangat seseorang untuk mempelajari hal-hal yang diamatinya. Menurut Doyles Fryer (dalam Nurkancana dan Sumartana, 1983:224) minat atau interest adalah gejala psikis yang berkaitan dengan obyek atau aktivitas yang menstimuler perasaan senang pada individu. Seseorang yang sikap positif dan minat belajarnya tinggi, akan selalu melakukan langkah-langkah nyata untuk mengetahui dan mempelajari lebih awal dari semua yang diinginkan itu.

Membaca adalah keterampilan mendasar yang diajarkan guru kepada peserta didik di bangku sekolah. Pengertian membaca dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (1991:72) adalah sebagai berikut: arti kata kerja (verb) baca atau membaca adalah (1) melihat serta memahami isi dari apa yang tertulis (dengan melisankan atau hanya dalam hati); (2) mengeja atau melafalkan apa yang tertulis; (3) mengucapkan; (4) mengetahui, meramalkan; (5) menduga; memperhitungkan; memahami. Berdasarkan pengertian membaca tersebut ada 4 hal yang menjadi syarat agar kita dapat membaca dengan baik yaitu (1) pemahaman tentang huruf, (2) pemahaman tentang angka, (3) pemahaman tentang gambar atau kode, dan (4) pemahaman bahasa. Membaca dapat digambarkan sebagai sebuah jendela untuk melihat, mengetahui, memahami dan menduga masa lalu, masa kini dan masa depan dunia.

Manfaat membaca diantaranya adalah (1) Meningkatkan kinerja otak IQ, EQ ,SQ, (2) Mengembangkan daya imajinasi dan kreativitas yang kuat, (3) Membuka wawasan dunia yang luas dan kaya, (4) Menimba pengetahuan, (5) Berbagi pengalaman hidup dengan tokoh cerita yang dibaca, (6) Mengembangkan keterampilan-keterampilan yang praktis, (7) Menumbuhkan nilai etika dan moral sesama manusia, (8) Mengekspresikan emosi dan perasaan yang dimiliki, (9) Menajamkan daya ingat, (10) Mengasah intelektual, (11) Mempelajari estetika tulisan dan bahasa, dan (12) Menambah keterampilan berbahasa Indonesia yang baik.

Salah satu tujuan membaca adalah untuk menambah pengetahuan. Menurut Weiss (1990: 49) membaca untuk pengetahuan adalah membaca untuk memperoleh semua informasi yang esensial di dalam teks atau membaca untuk mendapatkan isi dengan menetapkan tujuan dan sasaran membaca, menegakkan prioritas, menaruh perhatian dan menulis kerangka. Dengan membaca tersebut kita dapat mengetahui makna yang ada dalam buku atau teks informasi. Jika kita mendapat informasi tersebut, secara otomatis pengetahuan kita bertambah.

Menurut Munif (2005:3) membaca adalah suatu proses kegiatan berfikir kognitif untuk memperoleh pesan yang berupa kata-kata, kalimat, paragraf, dan isi bacaan yang disampaikan penulis melalui media bahasa tulis. Dapat disimpulkan bahwa membaca adalah proses untuk memperoleh pengertian dari kombinasi beberapa huruf dan kata. Membaca adalah proses untuk mengenal kata dan memadukan arti kata dalam kalimat dan struktur bacaan. Hasil akhir dari proses membaca adalah seseorang mampu membuat intisari dari bacaan.

Proses belajar yang efektif antara lain dilakukan dengan membaca (Pusat Perbukuan, 2003:12). Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa masyarakat yang gemar membaca adalah masyarakat yang gemar belajar. Banyak usaha yang harus dilakukan untuk membawa “buku” dekat dengan masyarakat. Upaya ini harus dilakukan bersama-sama antara pemerintah dan masyarakat. Jika di masyarakat sudah tumbuh budaya membaca maka akan tercetak masyarakat yang berkualitas.

MENINGKATKAN BUDAYA BACA MASYARAKAT PEDESAAN

Problem pendidikan Indonesia sekarang ini satu diantaranya adalah minat baca siswa yang rendah. Menurut beberapa pakar, rendahnya minat baca siswa merupakan pengaruh dari rendahnya minat baca masyarakat secara keseluruhan. Gejala ini disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu faktor tersebut adalah faktor budaya. Masyarakat Indonesia dikenal sebagai masyarakat dengan tradisi budaya lisan (oral culture) yang kuat. Seperti ditengarai oleh Taufik Abdullah, tradisi budaya lokal Indonesia adalah lisan atau orality, bukannya kata yang tertulis. Hal tersebut yang menyebabkan masyarakat Indonesia enggan berkomunikasi dengan tulis, mereka lebih senang untuk bersuara atau berkomunikasi secara lisan.

Meningkatkan minat baca merupakan tugas yang sulit. Salah satu solusi adalah dengan membangun kesadaran masyarakat untuk menumbuhkan dan menanamkan kebiasaan membaca sejak anak usia dini. Untuk itu, ada 3 stakeholder utama yang memiliki peran penting yaitu (1) pemerintah dalam hal pendanaan untuk pembinaan koleksi perpustakan sekolah, (2) guru sebagai pelaksana pendidikan untuk lebih intensif dalam mendorong dan meningkatkan minat baca pada peserta didik, dan (3) orangtua harus menumbuhkan kebiasaan membaca sejak dini di lingkungan keluarga.

Orang tua sering kali menuntut anaknya untuk gemar membaca, tetapi kebanyakan mereka lupa bahwa minat baca anak tidak bisa datang dengan sendirinya. Minat baca harus dipupuk dari dalam keluarganya sendiri. Menciptakan suasana gemar membaca dalam keluarga dengan melibatkan aktivitas anak yang berhubungan dengan buku adalah salah satu cara terbaik untuk membangkitkan minat baca anak (Warta Plus, 2007:24).

Sistem Pengelolaan TBM Ngudi Kaweruh SKB Trenggalek

Dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat pedesaan, maka rencana langkah-langkah yang dilaksanakan oleh SKB Trenggalek meliputi: (1) Penunjukkan dan Penetapan Pengelola TBM, (2) Identifikasi Objek Sasaran, (3) Identifikasi Tempat Sasaran, (4) Identifikasi Sarana dan Prasarana yang dibutuhkan, (5) Konsultasi dan Koordinasi dengan lembaga-lembaga terkait,dan (6) Pelaksanaan Kegiatan TBM.

Adapun kegiatan langsung yang dilaksanakan dalam pengelolaan TBM yang ada di SKB Trenggalek antara lain: (1) Pengklasifikasian bahan bacaan, (2) Pelayanan membaca, dan (3) Pelayanan sirkulasi (peminjaman). Pelayanan membaca oleh SKB Trenggalek dilakukan dibeberapa lokasi, yaitu di TBM Ngudi Kaweruh dan di TBM Al Amin di Desa Karangsoko. Selain itu, SKB Trenggalek juga mempunyai TBM keliling untuk melayani kebutuhan membaca masyarakat di pedesaan.

Optimalisasi Layanan Taman Bacaan Masyarakat

TBM Ngudi Kaweruh mempunyai 2 layanan utama yaitu layanan membaca dan layanan sirkulasi. Berdasarkan pengalaman, terdapat beberapa keluhan dari masyarakat ketika melakukan kunjungan. Diantara keluhan tersebut diantaranya:

beberapa tempat tujuan (sasaran) minat membacanya kurang, sehingga jumlah buku yang dipinjam untuk dibaca sedikit.
terbatasnya jumlah koleksi buku yang dimiliki sehingga buku yang ada di TBM Ngudi Kaweruh ini belum bisa dipinjam untuk dibawa pulang
kurangnya sosialisasi yang dilaksanakan oleh Penilik kepada sasaran pelaksanaan TBM Keliling, sehingga jumlah warga yang membaca juga kurang optimal.
kurangnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya membaca.

Dalam rangka mengatasi masalah tersebut, maka pengelola TBM Ngudi Kaweruh selalu melakukan inovasi dalam penyelenggaraan TBM agar dapat merangsang minat baca masyarakat tersebut. Diantara langkah-langkah yang ditempuh dalam rangka mengoptimalkan pelayanan TBM kepada masyarakat adalah:

a. memberikan motivasi dan gambaran kepada masyarakat melalui sosialisasi tentang pentingnya membaca.

b. pengelola selalu mencari informasi-informasi tentang kebutuhan bahan bacaan yang dibutuhkan oleh masyarakat sehingga dapat menyediakan buku yang variatif dan sesuai kebutuhan masyarakat

c. menjalin kerjasama dengan berbagai pihak yang dapat menambah koleksi buku bacaan yang ada di TBM Ngudi Kaweruh.

d. memberikan layanan tambahan bagi masyarakat misalnya, kenyamanan masyarakat meningkat dengan adanya bantuan (hibah) dari Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) berupa sarana komputer dan multimedia. Selain itu, juga ada pembelajaran dalam bentuk audio visual dan bantuan APE dari SIKIB untuk anak PAUD

e. Inovasi terpenting dalam rangka peningkatan minat baca masyarakat tersebut adalah dengan mengadakan berbagai perlombaan untuk menunjang pelaksanaan TBM Ngudi Kaweruh tersebut. Diantara kegiatan yang dilaksanakan adalah sebagai berikut:

· Kegiatan lomba mendongeng bagi pendidik PAUD se-Kabupaten Trenggalek.

· Kegiatan lomba mengarang bagi anak-anak.

· Kegiatan lomba menggambar dan mewarnai bagi anak usia dini.

· Mengadakan kegiatan lomba memasak bagi ibu-ibu

· adanya program-program lain yang mendukung minat membaca, seperti adanya program Koran Ibu yang ditujukan untuk lulusan warga belajar Pendidikan Keaksaraan agar tidak buta aksara kembali

Respon Masyarakat Terhadap Layanan TBM

Masyarakat tidak secara langsung merespon program TBM di Kabupaten Trenggalek. Perlu ada sosialisasi tentang TBM dan manfaatnya bagi masyarakat. Pada awal kunjungan ke lokasi di desa-desa, tampak bahwa masyarakat merasa ragu dan enggan mendekat. Mereka hanya melihat kedatangan tim. Setelah pengelola melakukan sosialisasi, mereka membaca selama rentang waktu kurang lebih 2 – 4 jam.

Saat ini, tampak masyarakat senang dengan layanan TBM. Seringkali mereka ingin meminjam buku untuk dibawa pulang. Namun, pengelola harus konsisten terhadap aturan yaitu tidak meminjamkan buku pada saat layanan TBM Keliling. Oleh karenanya, pengelola menyarankan agar mereka menjadi anggota dan meminjam ke TBM Ngudi Kaweruh yang ada di Kantor SKB Trenggalek.

Saat ini, respon masyarakat terhadap TBM sangat bagus. Hal ini terlihat di beberapa tempat yang dikunjungi TBM Keliling. Banyak masyarakat yang menunggu kedatangan TBM Keliling. Seringkali pengelola mendapat pertanyaan kapan kembali ke tempat tersebut. Bahkan, saat ini petugas layanan baca sering merasa kewalahan terhadap pembaca yang ingin membaca buku.

Hal yang sama juga terjadi di TBM Ngudi Kaweruh. Hal ini dapat dilihat dari semakin meningkatnya jumlah peminjam. Jika dahulu hanya terbatas pada warga belajar pendidikan kesetaraan yang ada di Kampus SKB Trenggalek, sekarang sudah bertambah luas ke masyarakat sekitar dan beberapa pendidik PAUD yang ada di Kabupaten Trenggalek.

Pun di TBM Al Amin di Desa Karangsoko juga mendapat sambutan bagus dari masyarakat. Di desa ini sebelumnya tidak ada perpustakaan, sehingga masyarakat tampak haus akan bahan bacaan. Hal itu dapat dilihat setiap sore hari banyak anak-anak yang sangat antusias meminjam buku di TBM Al Amin. Mereka selalu menyempatkan datang ke TBM Al Amin setelah pulang dari mengaji di masjid yang lokasinya tidak berjauhan. Sedangkan untuk masyarakat lainnya, meraka mengunjungi TBM Al Amin pada waktu siang hari setelah pulang dari sawah. Bahkan, terdapat beberapa pembaca yang berasal dari desa lain. Hal ini tentunya lebih menambah semangat pengelola untuk lebih meningkatkan pelayanan.

PENUTUP

Menumbuhkan minat baca pada masyarakat khususnya pada anak memberikan banyak manfaat. Selain wawasan pengetahuan mereka bertambah, buku juga sangat membantu mengembangkan imajinasi anak. Namun, tidak semua orang tua mampu menularkan kebiasaan membaca buku pada anak-anaknya. Apabila minat baca masyarakat tumbuh dan berkembang maka masyarakat akan gandrung membaca berbagai sumber bacaan. Hal ini pada akhirnya akan membuat masyarakat haus informasi. Namun, kondisi ini tidak bisa lepas dari budaya yang ada. Mengembangkan budaya membaca pun harus bersesuaian dengan budaya yang ada di lingkungan masyarakat, dan diharapkan akan menjadi budaya baru di masayarakat.

DAFTAR PUSTAKA

Agus Munif, Erfan. 2005. Menumbuhkan Minat Baca Anak Melalui pengembangan Komunitas Membaca. Jurnal Pendidikan Nonformal, Edisi I (1-9)
Buletin Pusat Perbukuan. 2003. Gerak Masyarakat Mengembangkan Budaya Baca. Volume 9 Halaman 13 – 15.
Direktorat Pendidikan Masyarakat. 2005. Pedoman Pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Jakarta: Depdiknas.
Gerbang. 2004. Kebijakan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2004. Edisi I Tahun IV. Halaman 32 – 35.
http://gurupkn.wordpress.com/2007/11/02/10-tips-untuk-menumbuhkan-minat-baca-pada-anak/. (Diakses 2 Mei 2010).
http://id.wikipedia.org/wiki/Masyarakat. (Diakses 6 Juli 2010).
http://tbmskbpo.blogspot.com/search/label/Taman%20Bacaan%20Masyarakat%20%2F%20TBM. (Diakses 2 Mei 2010).
http://www.asmakmalaikat.com/go/buku/13022000_1.htm. (Diakses 2 Mei 2010).
Kusmiadi, Ade. 2007. Pemberdayaan Masyarakat Dilihat Dari Prespektif PNF. Warta Plus. Volume 45 Edisi Januari. Halaman 34 – 39.
Masyarakat Pendidikan. 2001. Meningkatkan Minat Baca dan Problem Perpustakaan di Madrasah. Volume 1 No. 4 Tahun 2001. Halaman 13-15.
Mulyasa, Enco. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah. Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, Enco. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muslimah, Sita R. 20 November 2008. Menumbuhkan Minat Baca Anak. http://www.sunangunungdjati.com/blog/?p=317. (Diakses 2 Mei 2010).
Nurkancana, W dan Sumartana. 1983. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Purwadi. 2005. Modul Teknik Pembinaan Program Pendidikan Nonformal. Jakarta:Dediknas.
Sihombing, Umbertus. 2000. Pendidikan Luar Sekolah Manajemen Strategi: Konsep, Kiat dan Pelaksanaan. Jakarta: PD. Mahkota.
Sodiq A Kuntoro. 2006. Pendidikan Nonformal (PNF) Bagi Pengembangan Sosial. Jurnal ilmiah VISI Volume 1 Nomor 2. Halam 14 – 18.
Soedijarto. 1997. Mendapatkan Kinerja Sistem Pendidikan Nasional dalam Penyiapan Manusia Indonesia Memasuki Abad ke-21. Jakarta: PT. Sidi Alims Corporation.
Sudjana, H.D. 2000. Manajemen Program Pendidikan Untuk Pendidikan Luar Sekolah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production.
Warta Plus. 2007. Rp. 90 Miliar Untuk TBM. Volume 53 Edisi IX. Halaman 49.
Warta Plus. 2007. TBM Perlu Tahu Kebutuhan Masyarakat. Volume 45 Edisi Pebruari. Halaman 25 – 27.
Weiss, Donald H. 1988. Meningkatkan Kemampuan Membaca. Terjemahan oleh Drs. Budi. 1990. Jakarta:Binarupa Aksara.

sumber : www.paudni.kemdiknas.go.id/bppnfi4/

2 comments:

kak zepe said...

Artikel menarik..blognya juga keren..
Saya juga punya artikel tentang dunia anak-anak di blog saya..
Ada juga :
1. Tips parenting
2. Pendidikan kreatif anak
3. Dongeng pendidikan..
4. Lagu anak
5. D l l
Semua ada di http://lagu2anak.blogspot.com
Salam kenal dari Kak Zepe
Mari bertukar link.. ?

Unknown said...

teladan memang diawali dari yang terdekat dulu, marilah kita kasih contoh dulu buat anak@ kita, seperti sholat berjamaah,mengucapkan salam, berkata23 santun dan usahakan juga sedapat mungkin jangan kasih anak hp yg canggih supaya intensitas komunikasi kita bagus.
berikan komunikasi dua arah, jadikan mereka temen kita, sehingga mereka bisa bicara apa adanya, dan kita bisa jadi pendengar yang baik, bukan menjust apa yg dikatakan.
Semoga kita bisa menjadi teladan buat mereka, dan mereka bangga punya orang tua seperti kita. Amin