Pendidikan untuk semua (Edication for All), termasuk didalamnya pendidikan anak usia dini telah menjadi perhatian di dunia internasional. Hal ini ditunjukkan saat diadakan pertemuan Forum Pendidikan Dunia tahun 2002 di Dakar, Senegal, yang menghasilkan 6 komitmen sebagai kerangka aksi pendidikan untuk semua (The dakar Framework for Action) yang disahkan dan diterima oleh forum pendidikan dunia (The World Education Forum).
Enam Komitmen
Komitmen kerangka aksi pendidikan untuk semua adalah sebagai berikut :
a. Memperluas dan memperbaiki keseluruhan perawatan dan pendidikan anak usia dini, terutama bagi anak-anak yang sangat rawan dan kurang beruntung.
b. Menjamin bahwa menjelang tahun 2015 semua anak khususnya anak perempuan, anak-anak dalam keadaan yang sulit dan mereka yang termasuk minoritas etnik, mempunyai akses pada dan menyelesaiakan pendidikan dasar yang bebas dan wajib dengan kualitas baik;
c. Menjamin bahwa kebutuhan belajar semua manusia muda dan orang dewasa terpenuhi melalui akses yang adil pada program-program belajar dan keterampilan hidup yang sesuai;
d. Mencapai perbaikan 50% pada tingkat keniakasaraan orang dewasa menjelang tahun 2015, terutama bagi kaum perempuan, dan akses yang adil pada pendidikan dasar dan berkelanjutan bagi semua orang dewasa.
e. Menghapus disparitas gender di pendidikan dasar dan menengah tahun 2005, dan mencapai persamaan gender dalam pendidikan menjelang tahun 2015 dengan suatu focus jaminan bagi perempuan atas akses penuh dan sama pada prestasi dalam pendidikan dasar dengan kualitas yang baik;
f. Memperbaiki semua aspek kualitas pendidikan den menjamin keunggulannya, sehingga hasil-hasil belajar yang diakui dan terukur dapat diraih oleh semua, terutama dalam keaksaraan, angka keterampilan hidup yang penting.
Dua belas strategi
Untuk mewujudkan keenam komitmen sebagai tujuan yang harus dicapai, maka disepakati 12 strategi yang perlu ditunjuk, yaitu:
a. Mengerahkan komitmen politik nasional dan internasional yang kuat bagi pendidikan untuk semua (PUS), membangun suatu aksi nasional dan meningkatkan investasi yang besar didalam pendidikan dasar.
b. Mempromosi kebijakan PUS dalam kerangka sektor yang berlanjut dan terpadu-baik, yang jelas terkait dengan penghapusan kemiskinan dan strategi-strategi pembangunan;
c. Menjamin keikutsertaan dan peranserta masyarakat madani dalam perumusan, pelaksanaan dan pemantauan strategi-strategi untuk pembangunan pendidikan;
d. Mengembangkan sistem pengaturan dan manajemen pendidikan yang tanggap, partisipatori dan akuntabel;
e. Memenuhi kebutuhan sistem pendidikan yang dilanda oleh pertikaian (konflika), bencana alam dan ketidak stabilan, serta melaksanakan program-program pendidikan dengan cara-cara yang mempromosikan saling pengertian perdamaian dan toleransi, dan yang membantu mencegah kekerasan dan pertikaian;
f. Melaksankan strategi-strategi terpadu untuk persamaan gender dalam pendidikan yang mengakui perlunya perubahan-perubahan dalam sikap, nilai dan praktik;
g. Melaksanakan sebagi sesuatu yang mendesak program-program dan tindakan pendidikan untuk menangani epidemi HIV/AIDs
h. Menciptakan lingkungan sumberdaya pendidikan yang aman, sehat, inklusif dan andil yang kondusif bagi keunggulan dalam pembelajaran dengan tingkat-tingkat prestasi yang sudah jelas dibataskan untuk semua.
i. Meningkatkan status, moral danprofesionalisme guru;
j. Memanfaatkan teknologi-teknologi informasi dan komunikasi baru untuk membantu pencapaian tujuan-tujuan PUS
k. Secara sistematis memantau kemajuan kearah tujuan-tujuan dan strategi-strategi PUS pada tingkat-taingkat nasional, regional dan internasional;
l. Membangun di atas mekanisme yang sudah ada guna mempercepat kemajuan ke arah pendidikan untuk semua
Oleh: Prof. Dr. W.P. Napitupulu
Sumber : Bulettin PADU edisi I tahun 2002
Monday, December 26, 2011
KOMITMEN DAN STRATEGI PELAYANAN PENDIDIKAN UNTUK SEMUA (THE DAKAR FRAME WOORK FOR ACTION)
Posted by dwee pasmah on 2:40 PM
0 comments:
Post a Comment