Monday, July 27, 2015

PERANGSANGAN KECERDASAN ANAK USIA 2 -3 TAHUN

Anak sangat menikmati kebersamaannya dengan ibu dan ayahnya, selain juga senag dengan kehadiran teman sebayanya. Melalui kegiatan bermain bersama dan bercakap-cakap dengan temannya, anak mempelajari banyak keterampilan baru. Bukan tidak mungkin ibu-ayah akan terpengarah dibuatnya.  Di sisi lain, anak tampak tertarik dengan detail yang membuatnya penuh rasa ingin tahu. Ibu-ayah dapat mendukung rasa ingin tahunya ini dengan memberikan kesempatan mengetahui benda atau tempat-tempay baru bagi perangsangan baru.

-    Berkunjung ke kebun binatangBersiaplah untuk menjawab semua pertanyaan anak seperti “ Mengapa burung punya sayap?, Kok aku enggak punya?”atau “Kenapa harimau memiliki belang di tubuhnya?” mungkin juga ia akan meminta gajah sebagai hewan peliharaan di rumah, ibu-ayah perlu menjelasakan kepadanya bahwa kita tidak bisa memelihara gajah di rumah karena rumah kita tidak muat untuk tubuh gajah yang sangat besar, misalnya.

-    Membacakan buku ceritaAnak tidak hanya mendengarkan cerita ibu-ayah, tetapi juga akan bertanya benyak hal mengenai cerita yang ibu-ayah bacakan. Sebaiknya libatkan anak dalam cerita yang ibu-ayah bacakan dengan menanyakan apa yang akan terjadi selanjutnya

-    Ajarkan konsep angkaBerikan satu mobil-mobilan sembil berkata “Ini satu untukmu,” kemudian tambahkan satu lagi dan katakan “jadi dua untukmu.” Anak akan memahami pengertian angka sampai tiga atau empat pada periode ini

-    Memilah mainanMinta anak untuk mengelompokkan mainan sesuai dengan kelompok yang sudah ibu-ayah buat. Misalnya, kelompok mainan binatang, mobil-mobilan, dan boneka. Biarkan anak berpikir terlebih dahulu sebelum meletakkan mainan sesuai kelompoknya.

-    Mengenali tulisan namanyaPada awalnya anak tidak paham perbedaan antara tulisan namanya dengan tulisan lain. Tunjukkan mana yang bertulisakan namanya dan minta ia menemukan tulisan namanya di antara kata yang lain.


Sumber : Seri Bacaan Oragtua Direktorat PAUD, Kemdikbud

0 comments: