Sunday, April 26, 2015

PERANGSANGAN BAHASA ANAK USIA 7-9 BULAN

Jika ibu-bapak memperhatikan suara bayi, maka akan mengenali suatu pola. Bayi akan mengeluarkan suara dengan kombinasi tertentu pada siruasi yang tertentu pula. Ini merupakan tanda bahwa bayi mulai mengoceh, tidak lagi acak. Artinya ia menggunakan bahasa dengan kualitas yang lebih baik dari sebelumnya.
Cermati kemampuan mendengar anak. Kemampuan mendengar yang lemah dapat menghambat perkembangan antara lain tidak memberikan tanggapan pada suara yang ada, reksi terhadap suaratidak sejalan dengan pandangan matanya. Ini ditunjukkan dengan tidak memberikan tanggapan dengan segera ketika ibu – bapak datang  karena ia tidak mendengar suata itu.
Kegiatan yang dilakukan
-        Biarkan anak bermain liur. Perhatikan ketika bayi bermain dengan air liurnya, ia akan mengeluarkan suara-suara. Kegiatan ini membantu bayi untuk memperkuat otot-otot disekitar mulut dn bibirnya.

-        Bermin ciluk bad an bernyanyi. Kegiatan ini akan menarik bagi bayi. Ia akan mendengarsuara berulang-ulang seperti, “tuk tik tak tik tuk tik tak tik tuk tik tak tik tuk ketika bernyanyi naik delman. Sedangkan permainan ciluk ba akan membantu anak untuk berlatih memusatkan perhatian.

      sumber : serial bacaan orang tua direktorat PAUD Kemdikbud 

0 comments: