Tuesday, April 14, 2015

Ini Cara Seru Agar Si Kecil Suka Matematika



Anda bisa membantu si kecil menguasai matematika dasar cukup dengan mengajaknya bermain dengan hal-hal yang ada di sekitar mereka.
Jika Anda ingin membuat mereka jatuh cinta dengan angka, maka tunjukan bahwa matematika dan angka merupakan bagian dari kehidupan mereka sehari-hari.Yuk coba tip seru ini yang buat anak suka matematika:
1. Berburu angka.
Ketika sedang jalan-jalan bersama si kecil, dorong anak untuk melihat angka-angka yang ada di jalan atau toko, dan plat mobil. Tunjuk angka dan sebutkan angka yang dimaksud. Ini akan bantu anak meningkatkan kemampuan mereka dalam mengenal angka berikut namanya.
2. Menyambungkan titik-titik.
Metode lama ini tetap mampu membantu anak Anda untuk mengerti urutan angka. Bahwa setelah 1, ada 2, 3, dan seterusnya. Pilihlah buku berlatih dengan sampul karakter yang si kecil sukai.
3. Permainan berhitung.
Manfaatkan kesempatan bersama si kecil dengan menghitung apapun yang ada di sekitar Anda dan anak. Seperti, orang yang sedang antre, atau jumlah anak tangan di perpustakan.
4. Berburu bentuk di rumah.
Ajak si kecil untuk mencari benda-benda di rumah yang memiliki bentuk kotak, segitiga, bulat, bintang, dan bentuk-bentuk lain.
5. Membuat buku katalog berhitung.
Aktivitas ini akan melatih si kecil dalam membaca dan berhitung. Caranya: Ambil majalah atau buku katalog bekas, ajak si kecil untuk mencari segala benda yang diawali dengan huruf tertentu, misal ‘A’.
Kemudian, tempel semua benda yang sudah dipotong ke dalam buku kosong. Ketika semua sudah selesai, minta anak untuk menghitung berapa banyak gambar benda berawalan huruf ‘A’ yang mereka berhasil temukan.
6. Belajar sambil snack time.
Berikan si kecil satu genggam biskut berbentuk ikan. Lalu, Anda gambar akuarium di secarik kertas kosong. Kemudian minta si kecil meletakan biskuit ikan mereka ke dalam akuarium sambil menghitungnya. Ambil satu ikan, dan minta mereka menghitungnya kembali.
7. Senandungkan nyanyian berhitung.
Lagu anak-anak seperti ‘Balonku Ada 5’ atau ‘Satu-satu Aku Sayang Ibu’ juga bisa menjadi salah satu media mengajarkan angka pada anak. Variasi berhitung dalam nada akan mengenalkan anak pada ilmu dasar pertambahan dengan cara yang menyenangkan. (tabloidnakita)

sumber :http://pekanbaru.tribunnews.com/

0 comments: