Monday, January 5, 2015

PAUD, UNTUK GENERASI GEMILANG

anak bermain


Pendidikan memegang peranan yang sangat penting dalam kemajuan sebuah bangsa. Melalui pendidikan dibentuklah Sumber Daya Manusia yang berkarakter, bertanggungjawab, kompeten serta berdaya saing tinggi. Namun, semua hal tersebut tidaklah bisa diwujudkan dalam waktu singkat atau dengan kata lain hanya dengan memfokuskan pendidikan saat seorang anak memasuki jenjang pendidikan persekolahan. Pembentukan karakter misalnya, untuk membentuk karakter yang baik pada seseorang, maka hal ini perlu dilakukan saat seseorang tersebut dalam usia 0-6 tahun dimana otak berkembang sangat cepat hingga 80%. Pada usia tersebut otak menerima dan menyerap berbagai macam informasi, tidak melihat baik dan buruk. Itulah masa-masa yang baik untuk mengasah kecerdasan anak-anak dengan materi-materi budi pekerti, etika sopan santun dalam rangka membangun karakter anak. Karenanya sangatlah penting mengoptimalkan pendidikan anak usia dini untuk mencetak SDM yang berkualitas.
olah raga dan olah rasa tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesiapan anak didik memasuki pendidikan formal. Dengan  merangsang gerakan motorik dasar anak juga ampuh untuk mengoptimalkan tumbuh kembang syaraf otak anak secara berimbang. Hal ini akan membuat anak menjadi lebih aktif, ceria, kreatif dan mampu dengan mudah mengerti penjelasan yang diberikan pendidik.
Ibarat sebuah rumah, Pendidikan anak usia dini adalah pondasinya. Untuk membangun sebuah rumah yang megah, pastlah perlu membangun pondasi yang kokoh terlebih dulu. Menyadari pentingnya hal tersebut, pemerintahpun secara serius mengembangkan PAUD sebagai langkah awal dalam penciptaan generasi “golden age”. Salah satunya adalah penggelontoran dana besar untuk pembangunan dan pengembangan PAUD serta program satu desa satu PAUD. Hal ini terbukti ampuh dalam merangsang pertumbuhan lembaga PAUD di Indonesia. Untuk menjaga kualitas pendidikan lembaga PAUD, pemerintah melalui PAUDNI terus melakukan pengawasan dan pengembangan model pembelajaran. Tentu saja dengan harapan mampu mencetak generasi yang unggul, kreatif, cerdas dan berkarakter.
Melaui PAUD dengan berbagai model pembelajaran  diharapkan mampu membantu menciptakan generasi muda yang berimtak, beriptek, kreatif dan berdaya saing tinggi. Generasi gemilang yang kelak mampu menjadi pemimpin- pemimpin hebat menuju Indonesia Gemilang.

sumber: www.bppnfi-reg4.net

0 comments: