Monday, January 12, 2015

Ini Mengapa Ortu Harus Peka Sejak Anak Usia Dini

Orang tua masa kini sudah menyadari bahwa pola asuh yang diterapkan sejak memengaruhi pertumbuhan anak, bahkan hingga ia dewasa. Perlakuan orang tua juga akan senantiasa terbawa dalam benak anak sampai seumur hidup.

Kepekaan orang tua yang dipupuk sejak dini terhadap anak memang bisa memengaruhi kepribadian maupun prestasi anak.

Inhabitots, dikutip Senin (12/1) melaporkan, sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Child Development menemukan bahwa kepekaan orang tua terhadap anak di awal masa pertumbuhannya akan berdampak positif bagi kemampuan bersosialisasi serta akademik anak.

Penelitian ini memanfaatkan informasi dari Minnesota Longitudinal Study of Risk and Adaptation yang melakukan analisis terutama pada 243 Ibu di bawah garis kemiskinan. Dan juga sekaligus mengikuti perkembangan bayi mereka.

Interaksi orang tua juga diamati hingga anak berusia tiga setengah tahun. Sang Ibu dipersilakan bertindak sebagaimana biasanya mereka menghadapi anak dengan usia yang mungkin merupakan masa di mana anak mulai sangat aktif.

Ibu juga diberitahu tentang bagaimana untuk memecahkan masalah yang dihadapi terkait anak. Setelah itu, para Ibu dievaluasi melalui skala sensitivitas Ainsworth terkait tingkat kemampuan dan pemahaman mereka menafsirkan isyarat dari bayi. Juga bagaimana cara Ibu merespons dengan tepat dan segera.

Setelah evaluasi awal, para peneliti kemudian fokus pada efek dari pola asuh itu pada anak.

sumber: gayahidup.republika.co.id

0 comments: