Thursday, October 13, 2011

Peran Bahasa Ibu Memberantas Buta Aksara

Model saling menjemput antar warga belajar pendidikan keaksaraan bisa dilakukan untuk menumbuhkan semangat belajar antar anggota, alasan keamanan juga menjadi dasar karena kegiatan belajar mengajar umumnya dilakukan pada malam hari setelah kegiatan rutin rumah tangga selesai selain itu juga karena sebagian besar warga belajra adalah ibu-ibu rumah tangga. Bila pagi mereka mengurus rumah dan membantu pekerjaan di ladang sehingga waktu belajar hanya tersedia setelah shalat magrib.
Sistem pembelajaran dilakukan dengan diskusi, membaca, menulis, berhitung yang diberikan oleh para tutor dengan menggunakan bahasa pengantar bahasa ibu. Pembelajaran dengan menggunakan bahasa ibu ini, sangat membantu warga belajar untuk menyesuaikan diri saat mengawali pembelajaran, sebab warga belajar yang mengikuti kelas baru biasanya tidak percaya diri karena menilai belajar baca tulis itu sulit dan menakutkan. Proses diskusi dan pembelajaran juga diharapkan bertumpu pada konteks lokal baik dalam penggunaan bahasa pengantar, contoh permasalahan seluruhnya yang terjadi dalam keseharian warga belajar, misalnya persoalan kesulitan mendapat air, mahalnya harga minyak tanah dan sebagainya, sehingga lebih ,mudah dan cepat dipahami dibandingkan dengan bahasa yang belum begitu familiar bagi para peserta belajar.
Pemahaman pengelola lembaga dan para tutor tentang karakteristik warga belajar sangat membantu mempercepat pembelajaran kekasaraan karena sebagian besar masyarakat pedesaan hanya mengenal bahasa ibu dan tidak mampu menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar
Karena itu, pemberantas buta aksara menjadi tidak efektif bila awal pembelajaran menggunakan bahasa Indonesia. Penggunaan bahasa ibu bisa menjadi jembatan sebelum warga belajar memahami baca, tulis dan berhitung dalam bahasa Indonesia, katanya.
Selanjutnya untuk merangsang semangat belajar, diberikan tambahan ketrampilan, seperti kerajinan tangan, kesenian dengan memanfaatkan potensi lokal yang dapat memberikan penghasilan bagi warga belajar antara lain, kerajinan rotan tudung saji, keranjang, kotak tisu, hingga mebel, mainan yang melibatkan partisi dari bambu

0 comments: