Monday, May 23, 2011

Mendukung prestasi dan semangat belajar anak-anak

Orang tua manapun tentu akan bahagia melihat anaknya dapat tumbuh sehat, lincah, dan pintar, Oleh Karena itulah bermacam upaya dilakukan untuk dapat mencapai harapan tersebut. Mulai dari pemberian makanan yang bergizi untuk tumbuh kembang, serta memebrikan bimbingan untuk mendongkrak pengetahuan serta prestasi si buah hati.
Dalam hal pencapaian prestasi akademikyang tinggi, orang tua memang sering kali menemui beberapa kendala, salah satunya semangat belajar yang kurang. Untuk itu selain memberi penghargaan jika ia berhasil meraih kesuksesan di bidang akademik, hal lain yang dapat orang taua lakuakn untuk memacu prestasi anak adalah :
1. Mengajaknya mencoba permainan yang dapat menambah wawasan, misalnya scrable, yang dapat membantu memahami bahasa inggris atau permainan-permainan interaktif lain yang akan memompa pengetahuan dan semangat belajarnya. Lebih-lenih ditengah perkembangan teknologi seperti sekarang ada begitu banyak software permainan yang dimanfaatkan
2. Tanamkan pada anak langkah sederhana dalam proses belajar, yaitu mendengar, melihat, berpikir, dan membaca
3. Jadikan diri anda sebagai orang tua, sebagai contih, mengingat anak umumnya mengikuti perilaku orangtua, maka cobalah untuk membaca buku-buku, dan biarkan anak mengikuti aktivitas tersebut. Anda juga bisa membacakan separuh cerita untuk anak, sementara yang separuh lagi biarkan sianak yang melanjutkan.
4. Perkenalkan anak pada teknologi seperti komputer untuk mendukung proses belajarnya di kemudian hari. Hal initentu dilakukan dengan pengawasan.
5. Berikan pada anak bacaan selain buku sekolah, seperti majalah anak-anak atau buku serita
6. Berkomunikasilah secara intensif dengan mereka untuk mendengarkan kisah tentang dunia kecilnya guna melatih kemampuan verbalnya

Sumber Harian Kompas 23 Mei 2011

0 comments: