Mengingat warga belajar program Keaksaraan Fungsional (KF) pada umumnya merupakan orang dewasa, maka proses pembelajaran yang digunakan hendaknya mengikuti kaidah-kaidah ppendidikan orang dewasa (andragogi). Kaidah-kaidah pendidikan orang dewasa yang dimaksud adalah sebagai berikut. Relatif tidak mudah untuk bisa mengajar para orang tua, selain karena daya tangkapnyasudah jauh menurun.
1. Pembelajaran berorientasi pada pemecahan masalah lingkungan
2. Permasalahan hendaknya digali dari pendapat dan diketahui oleh warga belajar.
3.Pembelajaran berbasis pada pengalaman pribadi warga belajar agar semakin mudah
diketahui
4.Pembelajaran memberikan pengalaman yang bermakna (meaningfull) bagi warga belajar
agar lebih diminati
5.Pembelajaran memberi kebebasan bagi warga belajar untuk ikut memilih isi dan proses
belajar sesuai dengan minat, kebutuhan dan pengalamannya.
6.Tujuan pembelajaran ditetapkan dan disetujui oleh warga belajar melalui kontrak
belajar
7.Warga belajar memperoleh umpan balik terhadap dirinya tentang pencapaian hasil
belajar masing masing individu
8.Pembelajaran dimulai dari dan berdasarkan pada pengetahuan dan kompetensi yang
sudah ada sebelumnya
9.Penguatan bersifat positif dan meningkatkan motivasi belajar bagi warga belajar
10.Pembelajaran memungkinkan warga belajar untuk berpartisipasi secara aktif sehingga
dapat memperbaiki dan memperpanjang ingatan
11.Materi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan warga belajar. Metode pembelajaran
perlu mempertimbangkan mental dan karakteristik fisik warga belajar
Sumber : majalah aksara edis maret 2008
Saturday, February 11, 2012
KIAT SUKSES MENGAJAR KEAKSARAN FUNGSIONAL PADA ORANG DEWASA
Posted by dwee pasmah on 10:19 PM
0 comments:
Post a Comment