Thursday, October 6, 2011

Anak-anak Lebih Banyak Diajari Hidup Bersih Daripada Olahraga

Jika harus memilih mana yang paling penting untuk diajarkan pada anak, sebagian besar orangtua memilih kebersihan. Bahkan dibandingkan olahraga yang sebenarnya tak kalah penting, kebiasaan hidup bersih masih dianggap lebih penting lagi.

Sebuah survei berskala nasional di Skotlandia mengungkap, 77 persen ibu-ibu mengatakan kebersihan adalah hal terpenting untuk diajarkan pada anaknya. Sementara di kalangan bapak-bapak, kebersihan dianggap paling penting oleh 69 persen dari seluruh responden.

"Saya sangat senang orang-orang sangat memperhatikan kebersihan tubuhnya. Tubuh yang bersih akan memudahkan orang-orang menjalin hubungan yang sehat dengan lingkungannya," ungkap Dr Werner Jeanrond dari Glasgow University mengomentari hasil survei tersebut, seperti dikutip dari Dailymail, Kamis (22/9/2011).

Hasil survei yang dimuat dalam Hygiene Matters Report ini sekaligus menegaskan bahwa perempuan cenderung lebih memperhatikan kebersihan dibanding laki-laki. Survei lain yang dipublikasikan sebelumnya mengatakan, mayoritas perempuan tidak mau meninggalkan rumah tanpa sikat gigi (93 persen) dan tanpa memakai bedak (32 persen).

Sedangkan untuk diajarkan pada anak-anaknya, peringkat kedua yang dianggap paling penting adalah sopan santun. Sebanyak 65,5 persen orangtua, baik ibu maupun ayah sama-sama menganggap sopan santun dalam berperilaku sebagai hal kedua yang terpenting setelah kebersihan.

Peringkat ketiga yang perlu diajarkan kepada anak adalah olahraga dan pola makan yang sehat, yang dipilih oleh 54,3 persen. Meski tak banyak yang menganggapnya sebagai yang terpenting, 2 hal ini sebenarnya cukup menentukan kualitas hidup anak di kemudian hari karena jika sudah terlajur dewasa akan sulit membiasakan diri untuk berolahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat.

Berada di peringkat keempat, hubungan yang baik dengan lingkungan sosial dianggap sebagai hal terpenting untuk diajarkan pada anak oleh 45 persen responden. Sedangkan di peringkat kelima, tradisi dipilih oleh 21 persen respoden dan yang paling bawah justru agama, dipilih oleh 16,5 persen responden.

sumber : www.detikhealth.com

0 comments: